RENCANA KEGIATAN HARIAN
Disusun oleh : Dhea
Hari / Tanggal : Jumat, 08 Maret 2013
Kelompok : TK B
Tema : Binatang
Sub Tema : Mengenal Binatang yang bertelur
Alokasi Waktu : 30 menit
1. Materi Pokok Binatang
2. Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu menyebut binatang yang bertelur dan menggambar
3. Indikator
· Mampu menyebut nama – nama binatang yang bertelur
· Mampu menggambar binatang yang bertelur
· Mampu menirukan guru mengucapkan kembali 3-4 urutan kata
4. Tujuan Pembelajaran
Setelah Kegiatan Pembelajaran
· Siswa mampu menyebut nama – nama binatang yang bertelur
· Siswa mampu menggambar binatang yang bertelur
· Siswa mampu menirukan guru mengucapkan kembali 3-4 urutan kata
5. Strategi Pembelajaran
Metode ceramah, Tanya Jawab dan Demonstrasi
6. Kegiatan Belajar Mengajar
PEMBUKAAN 5menit
Guru mengatur organisasi kelas (posisi tempat duduk anak) dan berdoa bersama
Guru merangsang anak agar mau mendengarkan penjelasan binatang yang bertelur
Siswa menirukan kembali 3 -4 urutan kata
KEGIATAN INTI 20menit
Siswa menyebutkan nama – nama binatang yang bertelur
Siswa menggambar binatang yang bertelur
Guru memperlihatkan gambar binatang yang bertelur
Guru bertanya kepada siswa tentang gambar – gambar tersebut
Guru meminta siswa untuk maju ke depan kelas menunjuk gambar binatang
Guru memberi hadiah pada siswa yang berani maju
PENUTUP 5menit
Guru memotivasi siswa agar selalu semangat belajar
Guru menyayikan lagu ” Anak Ayam ”
Guru menutup pembelajaran dengan Doa
7. Sumber Belajar
Media Gambar binatang bertelur seperti burung, ayam
8. Penilaian/ Evaluasi kegiatan
· Keaktifan siswa dalam kelas
· Kedisiplinan siswa dalam Kelas
· Bicara Lancar
· Kekayaan Kosa kata
· Respon yang baik
Disusun oleh : Dhea
Hari / Tanggal : Jumat, 08 Maret 2013
Kelompok : B
Tema : Diri sendiri
Sub Tema : Mengenal diriku, Mengenal tubuhku,Kesukaanku
Alokasi Waktu : 30 menit
Kegiatan Pembelajaran
PEMBUKAAN 5menit
· Anak – anak berbaris di halaman
· Anak – anak menyanyi lagu mars TK
· Anak – anak menyanyi lagu Indonesia Raya
· Anak – anak duduk di karpet
· Guru mengucapkan salam
· Anak – anak berdo’a sebelum belajar
· Tanya jawab tentang menyebutkan hari, tanggal, dan tahun
· Tanya jawab tentang kata-kata yang sejenis. Misalnya : nama – mama, siapa – papa.
· Praktek langsung : membuat lingkaran membentuk kepala
INTI 20menit
· Pemberian tugas : Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, misalnya : telinga – cotton buds
· Guru memberikan contoh cara menarik garisnya
· Pemberian tugas : Mewarnai bentuk kepala. Guru menyiapakan gambar kepala dan mewarnainya
ISTIRAHAT
· Guru menyiapkan ember dan lap tangan
· Guru meminta anak untuk menyiapkan makanan atau bekalnya
· Anak – anak menyanyikan lagu sebelum makan
· Guru memimpin membaca doa sebelum makan dan minum
· Anak – anak dengan tertib mencuci tangan
· Anak – anak merapikan makanan
· Guru memimpin membaca doa sesudah makan dan minum
PENUTUP 5menit
· Anak – anak duduk di karpet
· Anak – anak menyanyikan lagu sebelum pulang
· Berdoa sebelum pulang
· Evaluasi kegiatan
· Pulang
ini sangat bagus untuk diterapkan dhea
BalasHapustrimakasih yaah
BalasHapus